10 KEBIASAAN YANG DAPAT MERUSAK OTAK


Tanpa disadari rutinitas sehari-hari dari kebiasaan motorik kita dapat menyebabkan kerusakan pada otak. Sayangkan, kalau masih muda sudah blo’on dari pikun.

Berikut merupakan rangkuman kegiatan sehari hari yang secara tak langsung dapat merusak otak kita. Hendaknya, setelah membaca ini kita dapat menjaga kesehatan otak kita.

  1. TIDAK SARAPAN PAGI

Mereka yang tidak menyempatkan untuk sarapan memiliki kadar gula yang rendah yang mengakibatkan berkurangnya suplai nutrisi ke otak.

  1. MAKAN TERLALU BANYAK

Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat mengakibatkan pembuluh darah otak mengeras karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan kemampuan kinerja otak menurun.

  1. MEROKOK

Zat dalam rokok yang terisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

  1. MENGONSUMSI GULA TERLALU BANYAK

Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi sehingga terjadi ketidak seimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

  1. POLUSI UDARA

Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

  1. KURANG TIDUR

Otak perlu tidur untuk beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kurang tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel otak.

  1. MENUTUP KEPALA SAAT TIDUR

Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

  1. MENGGUNAKAN PIKIRAN SAAT SAKIT

Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak.

  1. KURANG MENSTIMULASI PIKIRAN

Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

  1. JARANG BERKOMUNIKASI

Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secdara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: